Pages

Saturday, May 30, 2015

TUTORIAL: Bikin Masker Pelindung Sendiri Yuk!

halo semuanyaaaa, selamat berhari mingguuuu. diminggu yang sangat cerah tapi enggak panas - panas banget ini yuk mari kita bikin masker sendiri. kan sudah musim panas yaaa, kalo motoran gak pake masker rasanya terlalu sayang ama muka kena matahari, hihiiii.



ini dia ya bahan - bahan yang kali ini kita butuhin ^^


1. kain katun untuk bagian luar ukuran 14cm x 24cm (bisa diganti dengan kain jenis kesukaan kamu)
2. kain katun untuk bagian dalam 14cm x 24cm
3. 2 buah kain katun (yang motifnya sama dengan kain katun untuk bagian dalam) ukuran 5cm x 65cm
4. busa lapis ukuran 0,3cm
5. penggaris, marker, gunting, pendedel
6. mesin jahit

ini penampakan busa lapis ukuran 0,3 ya. lebih tipis dibanding yang biasanya buat pelapis pouch




setelah semua bahan siap, mari kita mulaiiii~~~


1. jahit kain utama dengan busa lapisnya



2. setelah selesai, garis bagian busa lapisnya dengan marker, supaya nanti enak pas njaitnya



3. tumpuk berhadapan dengan kain untuk bagian dalamnya, bisa dipin atau diclip supaya enggak geser, kemudian jahit. jangan lupa sisakan lubang untuk membaliknya ya.



4. setelah dibalik, jahit tindas setiap sisinya



5. setelah beres. tekuk sisi kanan dan sisi kiri masing - masing sekitar 2cm kearah bagian dalam, lalu jahit. jangan lupa dijahit mati ya ujung - unjungnya biar gak mbredel :D



6. setelah siap, disisihkan dulu yaaa ^^



7. selanjutnya, kita bikin talinya ya pake kain yang ukurannya 5cm x 65cm tadi. pertama, tekuk kedalam kedua sisinya. lebih enak dikerjakan pake bias tape maker supaya gampang, tapi maual juga bisa kok ^^



8. setelah itu dijahit sisinya, hasilnya seperti ini



9. setalah itu, masukkan tali kedalam sisi kain yang sudah dijahit tadi dengan bantuan temiti, masukkinnya dari bagian bawah ya



10. setelah keluar dari ujung satunya, ukur dengan penggaris (mulai dari bagian yg ditemitiin), beri tanda pada ukuran ke 25cm dan 26cm, lalu dedel dibagian tersebut



11. masukkan ujung yang ditemitiin ke dalam bagian yang didedel tadi, kemudian jahit. lakukan hal yang sama pada sisi satunya ya.





taraaaa~~~, sudah jadi deh maskernyaaa




gampang banget kan yaaaaa. dengan bikin masker sendiri ini selain menolong kamu dari polusi juga bermanfaat menghabiskan sisa sisa kain yang berceceran :P
selamat mencoba dan sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat ya. jangan lupa kalo sudah dipraktekkan tag ke ke IG ya, @HLV_handmade, hihi




salam hangat,
Rini

Tuesday, May 19, 2015

HLV for Netizen Journalist NetTV

halo selamat malammmmm
wuhuwww sudah bulan Mei. pertengahan Mei ding. eh udah mau akhir Mei ding. ah ya begitulah aku hendak pura pura lupa sama tanggalan, mengingatkan kepada list PO bulan ini yang masih pada melambai lambai -,-
sebenarnya bulan ini sedang asik mengerjakan PO, jadi tiba tiba agak mengilang dari peredaran. enggak sempet update blog (padahal banyak yang mau ditulisssssss), update IG, update facebooknya HLV, cuma terkadang nyepam aja di fb pribadi :3
malam ini tumben tumbenan bisa agak selo karenaaaaaa... karenaaa ada beberapa kain buat lining yang stoknya abis, sebenarnya udah abis dari kemaren cuma males mau ke Luwes buat belanja kain (semacam swalayan penyelamat bagi kita yang males muterin Beteng). sambil nungguin kainnya disetlika sama adik kos (apalah aku tanpamu Ois :3), akhirnya ada waktu buat sekedar elap elap debu diblog.

nahhhhhh... awal bulan Mei ini ada kabar gembira lagi, setelah ada mas Aji dan Monica yang kemaren main ke sarang laba - laba untuk liputan Solopos TV, akhir bulan April kemaren ada Gigih, seorang freelance Journalist yang main ke sarang laba - laba untuk liputan Netizen Journalist Net TV. 
karena waktunya hampir berdekatan dengan liputan dari Solopos TV, jadi setting sarang laba - labanya masih sama :D, dan pastinya masih rapi karena masa masa kritis buat Diary Baru bulan April udah kelar (coba aja main kesini pas lagi bikin PO kaya sekarang, ambyarrrrr :3)

dan enggak tau kenapa ya setiap ada yang mau liputan kesarang pasti ujan, padahal hari hari sebelumnya enggak -,- (gak papah ujan mbawa berkah yang bwanyakkkkk).
Gigih dan assistennya (yang nggak mau disebutkan namanya ini, hihi) datang kekos sekitar jam 5an sore, masih ujan rintik rintik dan hawanya pengen selimutan baca buku :3.
setelah nyiapin peralatan dan ngobrol dikit sambil dijelasin plotnya, kita mulai deh ambil gambarnya. 
dan ternyata mereka minta buat njait lagi bikin sesuatu dari awal sampe akhir, karna aku bingung juga mau bikin apa yang cepet dan ringkes, akhirnya bikin envelope case lagi kayak di liputannya Solopos (envelope lagi envelope lagi)
haha enggak papa deh, tutorial selanjutnya bukan envelope case lagi kok :D




untuk syuting kali ini sebetulnya udah bilang lagi ke ibu kos karenahhhh dikos aku cowok dilarang masuk, tapi kayanya ada beberapa adek kos yang belum ngerti, dikiranya ada tukang dandanin apaaa gitu dikamar *hiks bukan dekkkkkkkk -,-





tips nomor sekian sekian sekian ketika ada yang mau ngeliput adalahhhhhh pastikan batrei kamera terisi fulllll, buat dokumentasi. kalo diliputan sebelumnya kita keasikan cerita sampe lupa foto - foto, nah yang ini enggak lupa sebenarnya buat ambil dokumentasi, tapi yang lupa adalah ngecas batrei kamera yang ternyata batrenya abis (setelah ini rajin ngecas)

by the way syutingnya ini lumayan lama buat ambil gambarnya, karena Gigihnya mau ambil banyak gambar (duh sarang ukuran 3x3 pemandangannya mah cuma itu itu ajaaaaa :3). dan karena assistennya Gigih adalah pacarnya sendiriiii, maka di sela sela syuting terjadilah sekelebat drama drama roman anak muda *halah* (seketika langsung WA laki laki di Jogja, bun ketemu yok bunnnnn T,T).
tapi aku syenang kok kedatangan kalian berduaaa, lain kali bila ketemu crita crita lagi yaaaaa :D

ohya liputan HLV yang ini tayang di acara beritanya Net TV, tapi belum bisa dipastiin tayangnya kapan.
nahhh pas udah tayangnyapun aku gak tau juga :D. cuma heran aja tiba tiba follower di IG sama likers di facebook tiba tiba jadi banyak. abis itu banyak teman teman inbox katanya lihat liputannya HLV diNet TV, eh iya to udah tayang? (waktu itu lagi nungguin pesenan gado - gado pas hape tiba tiba bunyi terus pada ngabarin :3).
karena penasaran juga terus WAin pacarnya Gigih, ehhhhh dianya juga gak tau :D, terus dicek cekin deh itu di channelnya Netmedia, eh ternyata udah tayang kemaren sore katanya di Net5. agak mikir sih, kalo ditayanginnya kemaren kenapa pada ramenya pagi ini yah :3. dan ternyata ehhh ditanyangin 2 kali di Net5 sama Net10, waaaa trimakaciw Net tv, moga moga channelnya bisa cepetan sampe Boyolali yaaaa :D
ini dia yah yang kemaren juga belum sempat lihat ^^



kalo aku pribadi suka banget cara pengambilan gambar dari Gigihnya, semacam udah pro aja kamu ya :P
respon dari tayangan untuk Net ini juga beragam, sampai ada guru SMA nelfon juga,  disuruh main ke SMA buat ngasih sesi motivasi ke murid - murid. haduh bapak apalah aku ini hanya seorang anak kos yang banyak selonya pakkkk, makanya suka nglakuin hal yang aneh aneh :3
dari beragam respon teman teman dari liputan kali ini (yang tentu saja seperti biasa bilang aku gendutan), mungkin komentar paling absurb adalah dari laki laki yang di Jogja -,-

R: ubun udah liyat liputannya?
H: belom
R: masak yang lain udah ubun belom -,-
H: belom sempet
R: oh
H: itu hapenya siapa tuh warna item yang dipake
R: zzzzttttttttt -,-


jadi kalo kalian liyat hape warna item yang aku pake diliputannya itu, itu bukan hape aku sodarahhhh. karna hape aku masih jadul dan enggak eye catching dikamera, maka kita pake hape yang lebih cameraable :3
(mahaha totalitassss walopun pas mau shoot tiba tiba susah sinyal buat buka IG :3)





hihi jadi gitulah sedikit cerita tentang liputan HLV buat Netizen Journalist kali ini, semoga memberi manfaat yaa tayangannya. jika bermanfaat ambilah sebanyak banyaknya, kalo ada yang kurang itu mah tugas aku buat semakin memperbaikin diri, hehe ^^
terimakasih untuk Gigih dan pacarnya yang sudah main kesarang, obrak abrik sarang, dan menghabiskan kripik jamur setoples (kalo mau lagi silahkan main kesarang, hihihi)




salam hangat,
Rini