Pages

Saturday, May 30, 2015

TUTORIAL: Bikin Masker Pelindung Sendiri Yuk!

halo semuanyaaaa, selamat berhari mingguuuu. diminggu yang sangat cerah tapi enggak panas - panas banget ini yuk mari kita bikin masker sendiri. kan sudah musim panas yaaa, kalo motoran gak pake masker rasanya terlalu sayang ama muka kena matahari, hihiiii.



ini dia ya bahan - bahan yang kali ini kita butuhin ^^


1. kain katun untuk bagian luar ukuran 14cm x 24cm (bisa diganti dengan kain jenis kesukaan kamu)
2. kain katun untuk bagian dalam 14cm x 24cm
3. 2 buah kain katun (yang motifnya sama dengan kain katun untuk bagian dalam) ukuran 5cm x 65cm
4. busa lapis ukuran 0,3cm
5. penggaris, marker, gunting, pendedel
6. mesin jahit

ini penampakan busa lapis ukuran 0,3 ya. lebih tipis dibanding yang biasanya buat pelapis pouch




setelah semua bahan siap, mari kita mulaiiii~~~


1. jahit kain utama dengan busa lapisnya



2. setelah selesai, garis bagian busa lapisnya dengan marker, supaya nanti enak pas njaitnya



3. tumpuk berhadapan dengan kain untuk bagian dalamnya, bisa dipin atau diclip supaya enggak geser, kemudian jahit. jangan lupa sisakan lubang untuk membaliknya ya.



4. setelah dibalik, jahit tindas setiap sisinya



5. setelah beres. tekuk sisi kanan dan sisi kiri masing - masing sekitar 2cm kearah bagian dalam, lalu jahit. jangan lupa dijahit mati ya ujung - unjungnya biar gak mbredel :D



6. setelah siap, disisihkan dulu yaaa ^^



7. selanjutnya, kita bikin talinya ya pake kain yang ukurannya 5cm x 65cm tadi. pertama, tekuk kedalam kedua sisinya. lebih enak dikerjakan pake bias tape maker supaya gampang, tapi maual juga bisa kok ^^



8. setelah itu dijahit sisinya, hasilnya seperti ini



9. setalah itu, masukkan tali kedalam sisi kain yang sudah dijahit tadi dengan bantuan temiti, masukkinnya dari bagian bawah ya



10. setelah keluar dari ujung satunya, ukur dengan penggaris (mulai dari bagian yg ditemitiin), beri tanda pada ukuran ke 25cm dan 26cm, lalu dedel dibagian tersebut



11. masukkan ujung yang ditemitiin ke dalam bagian yang didedel tadi, kemudian jahit. lakukan hal yang sama pada sisi satunya ya.





taraaaa~~~, sudah jadi deh maskernyaaa




gampang banget kan yaaaaa. dengan bikin masker sendiri ini selain menolong kamu dari polusi juga bermanfaat menghabiskan sisa sisa kain yang berceceran :P
selamat mencoba dan sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat ya. jangan lupa kalo sudah dipraktekkan tag ke ke IG ya, @HLV_handmade, hihi




salam hangat,
Rini

7 comments:

  1. mau tanya dong alat tape maker itu belinya dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli di craftbymood.com ya mba Dyah :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. aku mau dong maskernya tapi yg polos hitam lalu disablon kalau mau pesan dimana yah

      Delete
    4. aku mau dong maskernya tapi yg polos hitam lalu disablon kalau mau pesan dimana yah

      Delete
  2. eeh cuakep banget bahannya mbak, beli di mana ya? :)

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing.. Ingin belajar menjahit dirumah dengan pola baju yang sudah jadi? Anda bisa mendownload contoh polanya di Fitinline..

    ReplyDelete